Selasa, 20 Agustus 2013

Masalah Lingkungan (IPS)



Rangkuman IPS1
Masalah Lingkungan
Lingkungan Alam adalah semua yang terdapat di sekitar kita yang terbentuk secara alami, misal; sungai, gunung, danau, pegunungan, laut, pantai, dataran, selat, teluk.
Lingkungan Buatan yaitu sengaja dibuat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, misal; waduk, sawah, perkebunan, hutan buatan.
Masalah Lingkungan Alam
Air yang terbatas, tanpa air manusia tidak bisa bertahan hidup lama, sebagian besar air yang ada di bumi di lautan, tentu tidak bisa langsung di minum harus diolah dahulu dan memerlukan biaya mahal.
Beberapa cara untuk menghemat air; gunakan air secukupnya, tutup keran bila tidak dipakai, jangan biarkan menetes/mengalir tanpa terpakai, perkecil keran saat menggunakan air.
Penebangan dan penggundulan hutan, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki hutan sangat luas namun sekarang banyak yang rusak.
menjaga dan melestarikan hutan tanggung jawab kita bersama, dapat dilakukan dengan cara; menebang pohon dengan cara tebang pilih, melakukan penghijauan, membuat hutan kota.
Sampah, semua barang yang tidak terpakai dan tidak diinginkan, jenis sampah; sampah kering, sampah basah, sampah berbahaya.
Kita harus mengelola sampah dengan baik agar tidak menimbulkan pencemaran dan penyakit, berikut caranya; jangan membuang sampah sembarangan, kurangi pemakaian kantong plastik, pisahkan sampah basah dan sampah kering, manfaatkan sampah basah untuk pupuk dan sampah kering untuk didaur ulang kembali.
Masalah Lingkungan Buatan
Merusak lingkungan buatan dapat menimbulkan bencana, tidak boleh membuang sampah sembarangan, bila merusak keindahan taman kota, mencoret dinding fasilitas umum perlu ditegur dan peringatkan, pemerintah telah membuat peraturan untuk kelestarian lingkungan demi kepentingan bersama
cara melestarikannya; merawat bangunan dan sarana umum dengan dicat, merawat pagar dengan dicat ulang, merawat saluran air dengan membersihkan agar mengalir lancar, tidak buang sampah sembarangan, merawat pohon dengan menyiraminya.
upaya memelihara lingkungan buatan tanggung jawab kita semua dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, karena manusia itu sendiri kelestarian lingkungan dapat lestari dan rusak, lingkungan terjaga kelestariannya kita merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar