Rabu, 15 Januari 2014

IPS Jenis Pekerjaan



Jenis Pekerjaan
Setiap orang mempunyai kebutuhan, dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Untuk memenuhi kebutuhan, setiap orang harus bekerja. Uang yang dihasilkan dari bekerja digunakan untuk membeli berbagai barang dan jasa dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan pokok adalah kebutuhan yang harus terpenuhi. Termasuk kebutuhan pokok adalah makanan, pakaian, dan tempat tinggal (rumah). Kita butuh pakaian untuk menutup badan serta butuh rumah untuk berteduh dan istirahat. Agar pintar, kita juga butuh pendidikan dengan bersekolah. Orang tua kita giat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Anak pun dapat membantu beban orang tua dengan cara berhemat. Sebagian uang saku sebaiknya ditabung dan tidak dihabiskan semua. Pepatah menyatakan, “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.” Jika kita membiasakan hidup hemat dan rajin menabung, di masa depan kita akan memiliki cadangan uang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup kita.
Orang yang malas dan tak bersemangat akan gagal dalam pekerjaannya. Pedagang yang malas akan ditinggalkan pembeli, kemudian rugi, dan usahanya bisa bangkrut. Seorang pegawai, jika malas bekerja juga dapat bernasib buruk. Ia akan diperingatkan oleh atasannya dan mungkin saja dipecat dari kantor dan akhirnya menganggur. Oleh karena itu, jika ingin menjadi orang sukses dalam pekerjaan, orang harus punya semangat kerja yang tinggi. Semangat dalam bekerja harus tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan. Sukses itu dapat diraih karena adanya semangat. Kunci keberhasilan ialah suka bekerja keras, tidak malas, jujur dan tidak mudah mengeluh. Ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja antara lain kerja keras, jujur, dan disiplin. kejujuran untuk meraih sukses. Dengan kejujuran, kita akan dipercaya, teman, pelanggan, dan bahkan orang lain yang tidak kita kenal. Jika kita sudah mendapat kepercayaan dari orang lain, maka peluang menuju keberhasilan akan makin terbuka. Hal itu berlaku dalam bidang apa pun.
Kerja Keras (tidak mudah menyerah bila gagal selalu berusaha dengan sebaik-baiknya) cirinya; Kesulitan tidak membuat berhenti bekerja, mencari cara kerja baru, tidak malu bertanya.
Disiplin (merupakan bentuk perhatian terhadap waktu) cirinya; Tepat waktu, Tidak mengingkari janji
Jujur (berkata dan berbuat apa adanya, tidak mengada-ada) cirinya; Mau mengakui kekurangan, tidak takut diolok-olok, selalu mematuhi aturan.
1.     Petani merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang
2.     Polisi memberikan layanan di bidang jasa
3.     Pakaian dan celana merupakan barang yang dihasilkan oleh tukang jahit
4.     Dalam bekerja kita harus memiliki kerja keras, disiplin, jujur
5.     Agar dipercaya orang lain kita harus jujur
6.     Kita harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan.
7.     Jika kita bekerja dengan disiplin, hasilnya akan memuaskan
8.     Bekerja dengan jujur adalah bekerja sesuai dengan aturan
9.     Tukang semir adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa
10.  Salah satu ciri orang yang berhasil adalah orang yang ulet/tekun bekerja.
11.  Membuat mesin mobil adalah jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
12.  Upah atau gaji untuk orang yang bekerja biasanya diberikan dalam bentuk uang
13.  Upah atau gaji yang diperoleh dari bekerja digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup
14.  Mengajar atau menjadi guru adalah termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa
15.  Sebagian upah dari hasil bekerja sebaiknya ditabung untukmenghadapi kebutuhan pada masa depan.
16.  Ceritakan cara meraih sukses dalam belajar dan bekerja!
ÿ  harus selalu bersemangat serta siap bekerja keras, disiplin, dan jujur dalam belajar dan bergaul, baik di sekolah maupun di rumah.
17.  Mengapa kita harus berhemat dan gemar menabung?
ÿ  Jika kita membiasakan hidup hemat dan rajin menabung, di masa depan kita akan memiliki cadangan uang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup kita.  Pepatah menyatakan, “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.”
18.  Bagaimana akibatnya bila seseorang tidak memiliki semangat kerja?
ÿ  orang yang malas dan tak bersemangat akan gagal dalam pekerjaannya, pedagang yang malas akan ditinggalkan pembeli, kemudian rugi, dan usahanya bisa bangkrut jika malas bekerja juga dapat bernasib buruk. Ia akan diperingatkan oleh atasannya dan mungkin saja dipecat dari kantor dan akhirnya menganggur.
19.  Sebutkan masing-masing dua jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa dan pekerjaan yang menghasilkan barang!
20.  Mengapa kita harus jujur dalam bekerja?
ÿ  Dengan kejujuran, kita akan dipercaya, teman, pelanggan, dan bahkan orang lain yang tidak kita kenal. Jika kita sudah mendapat kepercayaan dari orang lain, maka peluang menuju keberhasilan akan makin terbuka. Hal itu berlaku dalam bidang apa pun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar